MATRIKS DALAM INFORMATIKA


Penggunaan Matriks Pada Bidang

Komputer & Teknik

Informatika

             Matrix Style Text Effect Online 

  Taukah anda apa itu Matriks dan siapa penemu gagasan Matriks. tentu dong pastinya anda semua sudah tidak asing  kata Matriks , ya Matriks pertama kali kita dengar pada saat masa SMA dulu. ya lebih tepatnya di bangku sekolahan lah ya, Matriks merupakan bagian dari pembelajaran MATEMATIKA. Jujur ya belajar MATEMATIKA berat di pahami akan tetapi MATEMATIKA juga di butuhkan dalam kehidupan , pekerjaan , pembelajaran, dan informatika.


Sejarah Matriks

 

Dalam kehidupan sehari – hari, kita sering berhadapan dengan persoalan yang apabila kita telusuri ternyata merupakan masalah matematika. Dengan mengubahnya kedalam bahasa atau persamaan matematika, maka persoalan tersebut lebih mudah diselesaikan. Tetapi, terkadang kita mengalami kesulitan jika suatu persoalan seringkali memuat lebih dari dua persamaan atau variabel. Bahkan di negara maju, sering ditemukan model ekonomi yang harus dipecahkan dengan suatu sistem persamaan dengan pulluhan atau ratusan variabel.

Pada dasarnya, matriks merupakan suatu alat atau instrumen yang cukup ampuh untuk memecahkan persoalan tersebut. Matriks memudahkan kita untuk membuat analisis – analisis yang mencakup hubungan variabel – variabel dari suatu persoalan.
Gagasan matriks pertama kali diperkenalkan oleh Athur Cayley (1821-1895) pada tahun 1859 di Inggris dalam sebuah studi sistem persamaan linear dan transformasi linear Namun pada awalanya, matriks hanya dianggap permainan karna tidak bisa diaplikasikan. Baru pada tahun 1925, 30 tahun setelah Cayley meninggal, matriks digunakan pada mekanika kuantum. Selanjutnya matriks mengalami perkembangan yang pesat dan digunakan dalam berbagai bidang.

 

200px-Arthur_CayleyIni Dia Sang Fotografer di Balik Foto Resmi Jokowi-Amin

 

 


 

 

 Presiden & Wakil Presiden Indonesia

 

Profil Arthur Cayley :
Arthur Cayley (16 Agustus 1821 – 26 Januari 1895) merupakan seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris. Dia merupakan orang pertama yang menemukan rumus matriks. Pada usia 17 tahun, dia tinggal di Trinity College, Cambridge. Cayley berhasil menemukan berbagai macam rumus senyawa kimia. Dia berhasil menemukan Teorema Cayley.
Dia wafat pada tahun 1895.

 

 

Definisi Matriks

        Matriks adalah kumpulan unsur yang disusun dalam baris dan kolom yang berbentuk persegi panjang. Matriks biasanya dinotasikan dengan huruf besar tebal, misalnya A,B sedangkan unsur- unsurnya bisa berupa bilangan atau huruf kecil. Banyaknya baris dan kolom matrks disebut ordo Matriks, Bilangan-bilangan yang membentuk suatu Matriks disebut sebagai elemen-elemen Matriks.

         Nah sudah taukah anda apa itu matriks selanjutnya mari kita cari tau penggunaan matriks dalam bidang komputer dan informatika let's see..........

                                                    

        Matriks banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematika misalnya dalam menemukan solusi masalah persamaan linear, transformasi linear yakni bentuk umum dari fungsi linear contohnya rotasi dalam 3 dimensi. Matriks juga seperti variabel biasa, sehingga matrikspun dapat dimanipulasi misalnya dikalikan, dijumlah, dikurangkan, serta didekomposisikan. Menggunakan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

      Begitu juga dengan kegunaan matriks pada bidang komputer dan informatika,biasanya ahli pemograman komputer atau biasa disebut programmer komputer adalah seorang yang membuat atau mengembangkan software (perangkat lunak) komputer. Programmer komputer dapat disebut lebih khusus lagi sebagai programmer diikuti dengan bahasa pemograman yang dikuasainya., seperti programmerJava, programmer C++, programmer Net, dan sebagainya.
   
    Matriks umumnya digunakan untuk merepresentasikan transformasi linear, yakni suatu generalisasi fungsi linear seperti . Sebagai contoh, efek rotasi pada ruang dimensi tiga merupakan sebuah transformasi linear yang dapat dilambangkan dengan matriks rotasi . Jika  adalah sebuah vektor di dimensi tiga, hasil dari  menyatakan posisi titik tersebut setelah dirotasi. Hasil perkalian dari dua matriks adalah sebuah matriks yang melambangkan komposisi dari dua transformasi linear. Salah satu aplikasi lain dari matriks adalah menemukan solusi sistem persamaan linear. Jika matriks merupakan matriks persegi, beberapa sifat dari matriks tersebut dapat diketahui dengan menghitung nilai determinan. Misalnya, matriks persegi memiliki invers jika dan hanya jika nilai determinannya tidak sama dengan nol. Sisi geometri dari sebuah transformasi linear (dan beberapa hal lain) dapat diketahui dari eigenvalue dan eigenvector matriks.

        Kemudian programmermengubah rancangan software tersebut kedalam bahasa yang dimengerti komputer. Bahasa pemograman yang digunakan tergantung pada tujuan programnya. Misalkan, bahasa pemograman COBOL digunakan untuk aplikasi bisnis, FORTRAN digunakan pada aplikasi sains atau teknik. C++ dapat digunakan di kedua aplikasi tersebut, bisnis dan sains. J2EE dan PHP adalah dua bahasa pemograman yang digunakan dalam pemograman WEB. Programmer biasanya mengetahui lebih dari satu bahasa pemograman karena beberapa bahasa pemograman identik sehingga mereka dapat mempelajarinya dengan mudah.

        Salah satu software yang dapat dibuat programmer dalam bidang sains adalah software komputer yang digunakan untuk menentukan struktur molekul HIV dengan menghitung energi ikatan antar atomnya. Sebelum membuat software tersebut, programmer harus menganalisa karakteristik molekul HIV meliputi jumlah atom energi ikatan antar atom, dan lain – lain. Algoritma software tersebut menggunakan matriks berukuran 20×20 untuk menghitung energi ikatan antar atom yang digunakan untuk menampilkan struktur molekul HIV. Dalam kasus ini, programmer komputer harus menguasai pengetahuan mengenaimatriks dan operasinya.
 
Seorang programmer komputer dapat bekerja di departemen teknologi dan informasi, perusahaan pembuat software dalam bidang sains atau teknik, atau perusahaan konsultan

        Aplikasi dari matriks ditemukan pada banyak bidang sains. Pada bidang-bidang fisika, contohnya mekanika klasikmekanika kuantum, dan optika, matriks digunakan untuk mempelajari keadaan fisis, seperti pergerakan planet. Dalam bidang computer graphics, matriks digunakan untuk memanipulasi model 3D dan memproyeksikannya ke sebuah layar dua dimensi.  Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur. Matriks dapat dioperasikan dengan berbagai operasi. Salah satunya perkalian matriks. Hasil perkalian skalar k dengan sebuah matriks A yang berordo m x n adalah sebuah matriks yang berordo m x n dengan elemenelemennya adalah hasil kali skalar k dengan setiap elemen matriks A. Dua matriks A dan B dapat dikalikan jika jumlah kolom matriks A (matriks kiri) sama dengan jumlah baris matriks B (matriks kanan). Ordo hasil perkalian matriks Amxn dengan Bnxp , misalnya matriks C yang akan berordo mxp. 

     

            Pada bidang teori probabilitas dan statistikamatriks stokastik digunakan untuk menjelaskan probabilitas keadaan; contohnya dalam algoritma PageRank dalam menentukan urutan halaman pada pencarian GoogleKalkulus matriks menggeneralisasi bentuk analitik klasik dari turunan dan eksponensial ke dimensi yang lebih tinggi. 





        MUNGKIN HANYA ITU SAJA YANG BISA SAYA SAMPAIKAN KURANG LEBIHNYA SAYA MINTA MAAF DAN DISINI SAYA MINTA UNTUK KITA SALING BERBAGI INFOMASI DAN TETAP SEMANGAT JAGA KESEHATAN......!!!

 

 


 



Comments